Pulau Padar Komodo

Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau ini relatif lebih dekat ke Pulau Rinca daripada ke Pulau Komodo, yang dipisahkan oleh Selat Lintah. Pulau Padar tidak dihuni oleh ora (biawak komodo). Di sekitar pulau ini terdapat pula tiga atau empat pulau kecil.

Pulau Padar juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Komodo,Pulau Rinca dan Gili Motang.

Taman Nasional Komodo menawarkan destinasi lengkap bagi para wisatawan. Selain betemu Komodo, hewan purba yang masih hidup dan hanya bisa ditemui di tempat ini, pemandangan bawah lautnya yang menjadi tujuan diving kelas dunia, serta landcape perbukitan yang menghijau di musim hujan dan berwarna coklat pada musim kemarau.

Beberapa pulau berbukit tersebut juga ternyata menawarkan keindahan yang tidak bisa diucapkan kata-kata dari puncaknya. Salah satunya yang menjadi tujuan wajib ketika berkunjung ke Taman Nasional Komodo adalah Pulau Padar. Kuntur pulau yang berbukit dan berkelok-kelok menjadikannya sebuah tujuan eksotis yang akan menjadi salah satu foto profil social media ketika pulang dari tempat ini.

Pulau Padar mempunyai pemandangan dengan 3 pantai yang berbeda. yang pertama yaitu pantai yang menjadi lokasi bersandar kapal-kapal dan tempat memulai pendakian, kedua pantai berwarna hitam di sebelah barat dan terakhir berwarna sedikit kemerahan seperti di Pantai Pink.